Tuesday, January 5, 2010

Jangan Biasakan Menelepon Sambil Jalan

http://mywrotes.files.wordpress.com/2009/01/monyet-menelpon.jpg
Selama ini orang diingatkan untuk tidak menelepon sambil menyetir karena risiko kecelakaan yang tinggi. Tak hanya menelepon sambil menyetir, menelepon sambil jalan pun juga berbahaya tak hanya bagi diri sendiri tapi juga orang disekitar.

Sebuah studi baru memberikan peringatan tentang bahaya berbicara melalui telepon seluler sambil berjalan. Orang yang berbicara di telepon seluler sambil berjalan akan memiliki masalah saat menyebrang dan menyebabkan seseorang menjadi tidak konsentrasi pada keadaan di sekitarnya.

Penelitian ini menggunakan partisipan yang diharuskan berjalan sambil berbicara di telepon atau mendengarkan musik. Ternyata didapatkan orang yang berjalan sambil mendengar musik masih memiliki konsentrasi yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang berjalan sambil berbicara.

Sementara itu orang yang berbicara menggunakan handsfree memiliki waktu yang lebih lama untuk menyebrang serta lebih memungkinkan untuk menabrak sesuatu. Sedangkan orang yang berbicara tanpa handsfree cenderung lebih sering menjadi korban lalu lintas.

"Banyak orang menganggap bahwa berjalan adalah suatu kegiatan yang begitu otomatis, tapi berjalan di lingkungan yang banyak hambatan tidak semudah apa yang selama ini orang pikirkan," ujar Art Kramer, seorang profesor psikologi di University of Illinois, seperti dikutip dari Psychcentral, Senin (23/11/2009).

Penelitian pertama yang dipublikasikan dalam jurnal Accident Analysis and Prevention menemukan bahwa orang dewasa yang berjalan sambil berbicara di telepon memiliki waktu 25 persen lebih lama untuk menyebrang dibanding orang dewasa yang tidak menelepon. Serta memiliki kemungkinan 15 persen menabrak sesuatu.

Orang yang berbicara di telepon sambil berjalan bisa membuat otak tidak fokus pada satu kegiatan, karena biasanya orang akan lebih fokus pada pembicaraannya dibandingkan dengan keadaan sekitar. Selain membahayakan diri sendiri, kegiatan ini juga bisa membahayakan orang-orang disekitarnya.

Jika Anda ingin menerima telepon, sebaiknya berhenti sejenak hingga selesai berbicara agar konsentrasi tidak terganggu. Karena banyak orang yang tidak menyadari melakukan dua kegiatan yang berbeda membuat otak membutuhkan waktu untuk menyesuaikannya.

No comments: