Thursday, January 14, 2010

Cintai Lingkungan Dengan Efisisensi Kertas

http://wb4.itrademarket.com/pdimage/96/621496_sampah1.jpg

Setiap lembar kertas yang kita gunakan merupakan hasil penebangan kayu produktif. Kayu-kayu tersebut rata-rata berusia lima sampai sepuluh tahun. Sumber utama penghasil kayu hingga saat ini adalah hutan. Sekitar 42 % pabrik kayu yang ada di Indonesia, bekerja dalam pengolahan kayu menjadi kertas. Karenanya, kertas menyebabkan banyak penebangan terhadap hutan.

Kondisi hutan semakin kritis. Laju kerusakan hutan mencapai 1,08 juta hektar pertahun. Data terakhir mengungkapkan luas hutan yang ada di Indonesia hanya tingga 88 juta hektar. Jika kondisi ini tetap dipertahankan. Kurang dari 80 tahun ke depan hutan yang kita miliki akan habis. Fungsi hutan sudah tidak seimbang lagi. Manusia hanya memanfaatkan hutan sebagai penghasil ekonomi saja. Yang kemudian berpengaruh pada peningkatan devisa negara.

Kerusakan hutan sangat mempengaruhi keseimbangan lingkungan. Bencana alam yang terjadi akibat kerusakan hutan adalah Banjir, kekeringan, dan tanah longsor, serta ancaman pemanasan global yang semakin mengancam. Ketiga ancaman tersebut, faktanya saat ini menduduki bencana terbesar yang melanda manusia.

Mengingat alir penebangan hutan yang mencapai 42% adalah untuk kertas. Sudah saatnya timbul kesadaran pada hutan. Kita harus menumbuhkan KEPEDULIAN pada pada lingkungan. Sudah saatnya ada metode baru sebagai alternatif efisiensi kertas.

Adakah inovasi efisiensi kertas yang kamu tawarkan??? Indonesai sedang menunggu inovasi itu. Atau bencana yang akan mendahului inovasi itu. Peduli lingkungan untuk masa depan kita yang lebih baik.

No comments: